Blog tentang catatan pribadi, pengetahuan umum, teknologi serta spesifikasi hp, informasi kesehatan, chord lirik lagu dan artikel unik

Sabtu, 28 Februari 2015

Posted by Unknown on 1:15 PM in , , | No comments
Apa itu jerawat?. Jerawat (acne vulgaris, acne) yaitu gangguan pada kulit yang terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan masalah yang paling umum pada kulit, ciri-cirinya dengan hadirnya komedo, kulit berwarna kemerahan karena iritasi, noda hitam, atau bintik merah membengkak sampai bernanah.

Intensitas jerawat dapat berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari yang ringan seperti bintik merah atau komedo, sampai yang berat berupa ratusan bintik dan benjolan memerah yang menutupi area kulit tertentu dan sakit bila disentuh. Jerawat dapat terjadi pada wajah, leher, dada, belakang badan, dan pergelangan tangan bagian atas.

Apa itu Jerawat?

Jerawat umumnya dialami remaja saat masa puber. Jerawat bisa menyerang laki-laki maupun perempuan, namun biasanya jerawat yang menimpa laki-laki lebih parah dan berlangsung lebih lama.

Namun masalah kulit ini tidak hanya terjadi pada remaja, karena jerawat juga dapat menimpa orang dewasa, dan juga dapat terjadi pada balita dan anak kecil.

Penyebab Jerawat

Jerawat tumbuh karena penyumbatan pada pori-pori kulit. Seseorang yang memiliki kulit berminyak sangat rentan terhadap jerawat, karena minyak berlebih dengan mudah dapat terjebak di pori dan menyebabkan penyumbatan.

Kulit yang berjerawat juga bisa menghasilkan lebih banyak sel kulit mati daripada kulit normal. Jika tidak ditangani dengan baik, sel-sel kulit mati bisa menempel pada kulit dan terjebak di pori-pori, terkombinasi dengan minyak serta menyebabkan komedo.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat, antara lain:

Hormonal
Aktivitas atau perubahan hormonal pada manusia dapat mengakibatkan perkembangan jerawat, seperti masa pubertas dan siklus menstruasi.

Genetik
Kecenderungan jerawat dapat terjadi dalam keluarga.

Psikologi
Walaupun masih diperdebatkan, para ahli banyak yang meyakini bahwa keadaan psikologi seseorang (depresi dan stres) dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat.

Infeksi
Bakteri propionibacteria acnes (P. acne) ditemukan pada banyak kulit berjerawat. Bakteri ini sebenarnya adalah bakteri yang normal terdapat di kulit dan secara umum tidak berbahaya. Namun jika pori-pori kulit membesar dan tersumbat oleh sel kulit mati + minyak, maka bakteri ini akan memicu peradangan pada kulit. Mengurangi keberadaan bakteri merupakan langkah penting dalam mengontrol dan mencegah jerawat.

Demikian pengertian Jerawat dan penyebab timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel berikut ini:

Cara Mengobati Jerawat 
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter